24 Jam Menuju Taqwa Menurut Ajaran Islam

Perintah Alloh terbagi dua bagian, yaitu fardu dan sunah. Fardu adalah ibarat modal atau pokok perniagaan, yaitu dengan fardu itulah kita memperoleh keselamatan. Sedang sunah adalah laba, dimana dengan sunnah kita memperoleh kebahagian karena meningkatnya derajat.

Nabi Muhammad SAW Bersabda :
“Alloh Tabaraka Wa Ta’ala berfirman : Tidaklah mendekatkan diri orang-orang yang mendekatkan kepada-KU yang menyamai dengan melakukan apa yang Aku fardukan kepada mereka. Tiada henti-hentinya hamba mendekatkan diri kepada-KU dengan mengerjakan sunah-sunah, hingga Aku mencintainya. Maka jadilah Aku pendengaranya yang mendengar dengannya, dan pengelihatannya yang ia melihat dengannya, dan lidahnya yang ia berkata dengannya, dan tanganya yang ia meraih dengannya, dan kakinya yang ia berjalan dengannya (Hadist Kudsi)”. Dari (HR Bukhari)

Tapi kita tidak akan dapat menjalankan perintah-perintah Alloh, kecuali hati dan tubuh kita merenungkannya (kekuasaan) Alloh dalam setiap kedipan mata dan nafas kita, mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali, mulai dari pagi hari sampai malam hari.
Ketahuilah, bahwa Alloh Ta’ala mengetahui isi hati kita, melihatlahir dan bathin kita dan mengentai setiap kedip mata kita, getaran hati kita, langkah dan diam serta gerak kita. Baik itu dalam bermasyarakat serta dalam kesendirian kita selalu berada di hadapan-NYA. Tiada satupun yang diam atau yang bergerak, melainkan dalam pengawasan Tuhan yang menguasai langit dan bumi, Alloh mengetahui pengkhianatan mata dan yang terselip dalam hati kita.

Kita harus bersikap sopan lahir maupun bathin di hadapan Alloh Ta’ala, sebagaimana selayaknya hamba yang hina dina penuh dosa di hadapan Tuhan Maha Raja Maha Kuasa dan Maha Perkasa. Janganlah Tuhan melihat kita dalam keadaan melakukan larangan-larangan-NYA, atau dalam keadaan kita meninggalkan perintah-perintah-NYA. Namun kita tidak akan mampu berbuat demikian tanpa membagi waktu dan mengatur aktivitas kita dari pagi hingga malam hari, dari bangun tidur sampai tidur kembali. Maka kerjakanlah perintah-perintah Alloh maupun jauhi larangan-larangan Alloh dalam keseharian kita 24 jam kehidupan kita ini.
Dimulai dari melakukan taat menurut ajaran agama islam, yaitu dari adab bangun tidur, adab ke kamar mandi, adab makan dan minum, adab berpakaian, adab pergaulan dengan sesama mahkluk serta adab-adab yang lainnya yang telah dianjurkan ajaran Islam, sehingga kita akan terselamatkan di kehidupan dunia maupun akherat.

Mari kita memulainya dengan mengerjakan adab ketika kita terbangun dari tidur kita menurut ajaran agama islam, kita lanjutkan pada pokok bahasan “ADAB BANGUN TIDUR MENURUT ISLAM”, yang tertulis pada halaman lain dari blog ini.

KEMBALI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: