Menjauhi Larangan Alloh Tentang Maksiat Lahiriyah

Ketahuilah, bahwa Alloh Ta’ala mengetahui isi hati anda, melihat lahir dan bathin anda dan melihat setiap kedip mata, getaran hati anda, langkah anda, diam dan gerak anda serta segala hembusan dan hirupan nafas anda. Dalam bermasyarakat dan dalam menyendiri anda selalu berada di hadapan Alloh SWT. Tiada satupun yang yang diam dan yang bergerak, melainkan dalam pengawasan Alloh yang menguasai langit dan bumi. Dia mengetahui pengkhianatan mata dan yang tersembunyi dalam hati anda, perputaran kehidupan anda dari bangun tidur sampai menjelang tidur kembali senantiasa dalam pengawasan Alloh SWT.

Dalam kehidupan, anda harus senantiasa menjaga sikap, perbuatan serta ucapan dalam setiap detik gerak-gerik anda. Anda harus bersikap sopan lahir maupun bathin di hadapan Alloh, sebagaimana layaknya hamba yang hina dina penuh dosa di hadapan Alloh Yang Maha Kuasa dan Perkasa. Janganlah Tuhan sampai melihat anda dalam keadaan meninggalkan perintahnya, dan janganlah Alloh melihat perbuatan anda dalam larangan Alloh SWT. Ingatlah, bahwa segala tingkah-laku anda di dunia akan dipertanggung jawabkan di akherat kelak.

Ketahuilah, bahwa anda berdosa kepada Alloh dengan anggota-anggota tubuh anda tersebut. Anggota-angota tubuh anda adalah gembalaan bagi anda, karena nantinya bagian-bagian tubuh tersebut akan dimintai pertanggung jawaban di akhirat nantinya. Semua bagian-bagian tubuh anda akan menjadi saksi pada hari kiamat kelak dengan tutur kata yang fasih untuk menjelaskan tentang perbuatan-perbuatan anda di dunia.

Wahai hamba Alloh, ketahuilah bahwa Neraka Jahanam mempunyai tujuh pintu, setiap pintu mempunyai bagian-bagian yang telah ditentukan oleh Alloh. Semua pintu akan dimasuki oleh orang-orang yang durhaka kepada Alloh karena ketujuh anggota tubuh mereka, yaitu Mata, Telinga, Lidah, Perut, Parji (kehormatan), Tangan dan Kaki mereka.
Ketahuilah, anda harus pandai-pandai memelihara gembalaan anda dari tujuh anggota tubuh anda tersebut.

1. MATA
Mata diciptakan untuk anda pergunakan melihat petunjuk jalan di tempat terang maupun gelap, dan juga sebagai penolong dalam segala keperluan. Dengan mata anda dapat melihat kebesaran Alloh tentang alam semesta yang telah diciptakan, dengan mata anda dapat membaca petunjuk tentang ajaran-ajaran agama yang benar.
Oleh karena itu, peliharalah mata anda dari empat macam yaitu:

– Memandang selain mahram atau memandang wanita cantik.
– Memandang dengan syahwat.
– Memandang seorang muslim dengan pandangan menghina.
– Memandang dengan maksud menelanjangi aib seseorang.

2.TELINGA
Peliharalah telinga dari mendengarkan bid’ah, pergunjingan, atau kata-kata keji, atau mendengarkan kata-kata sesat, atau menyebutkan kesalahan-kesalahan orang. Telinga di ciptakan untuk dipergunakan mendengarkan Kalamullah, sunah-sunah Rosulullah dan mendengarkan mutiara kata kekasih Alloh. Dengan telinga anda mengambil manfaat ilmu yang membuat anda sampai di kerajaan yang tetap yang merupakan nikmat abadi di sisi Alloh semesta alam.

Bila telinga anda dipergunakan untk mendengarkan sesuatu yang dibenci Alloh, maka benda yang bermanfaat tersebut akan menjadi bencana. Sesuatu yang menjadi keberuntungan terbalik menjadi penyebab celaka bagi anda. Dan inilah puncak kerugian, anda jangan mengirah dosa hanya untuk berkata saja, tidak untuk mendengar. Dalam hadist di katakan, bahwa pendengar adalah sekutu pembicara, dan ia adalah termasuk salah satu penggunjing.

3. LIDAH
Lidah diciptakan agar anda pergunakan untuk memperbanyak dzikir kepada Alloh SWT, membaca kitap-NYA dan dipergunakan untuk membimbing mahkluk kejalan yang benar. Lidah juga untuk mengeluarkan sesuatu yang tersimpan dalam hati, baik itu untuk keperluan agama atau keperluan dunia.
Jagalah lidah anda dari 8 perkara :

1. Dusta
Peliharalah lidah anda dari dusta, baik secara sungguh-sungguh maupun secara berkelakar. Dusta adalah biang segala dosa besar.

2. Ingkar Janji
Anda jangan mudah menjanjikan sesuatu, lalu anda tidak memenuhi janji tersebut. Karena menyalahi janji adalah tanda munafik dan buruk akhlak.

3. Menggunjing
Jagalah lidah anda dari menggunjing keburukan orang lain, karena dalam Islam menggunjing adalah lebih berat dari pada 30 kali zina.

4. Bertengkar
Bertengkar dapat menyakiti lawan bicara, menganggap orang lain bodoh dan menusuk perasaan lawan. Dalam pertengkaran juga mengandung unsur memuji diri sendiri dan menganggap suci dirinya sendiri. Maka bersabarlah jika menghadapi orang-orang yang dungu, lebih baik mengalah daripada anda larut dalam pertengkaran, dan pertengkaran itu adalah dosa.

5. Menganggap Diri Suci
Janganlah anda biasa memuji diri sendiri, karena memuji diri sendiri akan mengurangi harga diri anda di dalam masyarakat dan akan mendatangkan murka dari Alloh. Lihatlah kawan-kawan anda ketika memuji dirinya sendiri tentang kelebihan, pengaruh dan hartanya. Bagaimana hati anda menentang pujian itu dan tabiat anda akan jadi berat.

6. Mengutuk
Janganlah anda mengutuk sesuatu yang telah Alloh ciptakan, baik itu hewan, makanan, tumbuhan maupun manusia secara nyata. Karena jika anda mengutuk seseorang ataupun ciptaan Alloh, anda akan dimintai pertanggung jawabannya kelak di akherat.

7. Mendoakan Buruk
Hindarkanlah lidah anda dari mendoakan buruk kepada siapa saja makhluk ciptaan Alloh, sekalipun ia menzalimi anda. Persoalan orang zalim serahkan saja kepada Alloh SWT. Ingatlah, jika kejahatan dibalas dengan kejahatan maka orang yang membalas kejahatan tersebut akan lebih jahat dari pada yang menjahati, dan siksa di akherat nanti akan lebih pedih dari pada yang menjahati.

8. Menghina
Jaga lidah anda dari menghina, baik itu secara sungguh-sungguh maupun berkelakar. Menghina dapat menyakiti lawan, menghilangkan wibawa, melunturkan rasa segan. Menghina awal dari pertengkaran, kebencian dan dendam, maka akan berakibat terputusnya tali persaudaraan.

4. PERUT
Peliharalah perut anda dari makanan yang haram dan syubat, usahakan benar-benar dalam mencari makanan yang halal. Membatasi diri dari sifat kenyang atau kekenyangan, karena kekenyangan dapat mengeraskan hati, merusak kecerdasan, mendatangkan kantuk, memberatkan tubuh dari ibadah dan ilmu, menguatkan syahwat dan menolong bala tentara syetan. Ingatlah, bahwa kenyang dari yang halal adalah awal dari setiap keburukan, oleh karena itu bagaimana kalau kenyang dari yang haram?. Maka berhati-hatilah anda tentang perut anda, karena siksa neraka itu akan lebih pedih daripada kesengsaraan di dunia.

5. PARJI ( Kemaluan )
Anda tidak akan mampu menjaga parji kecuali lebih dahulu memelihara mata dari memandang syahwat, menjaga hati dari menghayal dan menjaga perut dari syubhat dan kenyang. Karena semua ini adalah penggerak syahwat dan pangkalnya.

6. DUA TANGAN
Peliharalah kedua tangan anda, jangan pergunakan tangan anda untuk memukul seorang muslim, dipakai untuk mengambil barang yang haram ataupun mencuri, jangan dipergunakan untuk menyakiti makhluk ciptaan Alloh, untuk mengkhianati titipan atau amanah. Atau untuk menulis kata-kata yang tidak diperbolehkan, ingat bahwa pena adalah salah satu dari dua lisan anda. Peliharalah pena dari sesuatu di mana lidah wajib dijaga darinya.

7. DUA KAKI
Peliharalah dari berjalan menuju tempat yang haram atau pergi ke pintu penguasa yang zalim, karena pergi ke pintu penguasa yang zalim tanpa terpaksa adalah maksiat yang besar. Oleh karena itu, jika anda pergi ketempat penguasa yang zalim itu sama saja dengan merendahkan diri dan memulyakan kezalimannya. Janganlah anda mempergunakan kaki anda untuk menyakiti makhluk ciptaan Alloh, pergunakanlah untuk berbakti kapada Alloh, misalnya dengan mendatangi masjid, tempat-tempat pengajian, berjalan untuk menuntut ilmu agama serta menyambung tali sirahturahmi saudara-saudara muslim lainnya.

Ketahuilah, bahwa Alloh SWT adalah pemilik alam semesta dan isinya, Dia-lah yang patut kita sembah, kita memintakan pengampunan atas semua dosa dan hanya kepada-NYA lah tempat untuk memohon rahmat dan hidayah baik di dunia maupun akherat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: