Menjauhi Larangan Alloh Tentang Maksiat Bathiniyah

Ketahuilah, bahwa sifat-sifat tercela dalam hati banyak sekali, sedang jalan untuk membersihkannya dari keburukan-keburukannya panjang pula, sehingga cara untuk mengobatinya sangat sulit. Ilmu dan pekerjaan pengobatanya telah terkuras habis secara keseluruhan, karena manusia sudah lupa akan dirinya sendiri dan juga mereka telah dilupakan akan kesenangan maupun perhiasan di dunia ini.

Ketahuilah, bahwa terdapat tiga penyakit hati yang biasa dilakukan oleh manusia, tiga penyakit inilah yang biasa dilakukan oleh orang-orang yang mengaku pandai di masa kini. Jauhilah ketiga penyakit hati ini, karena ketiganya akan membawa anda pada ketercelaan dan menjadi biang dari sumber keburukan.
Ketiga penyakit tersebut adalah HASUD, RIYA dan SOMBONG. Jadi usahakan benar-benar untuk membersihkan hati anda dari ketiganya, jika anda dapat membersihkan dari hal-hal tersebut, maka anda akan dapat menjaga diri dari penyakit-penyakit hati lainnya. Sebaliknya jika anda tidak dapat membersihkannya, maka anda tidak dapat mengetahui dan menjaga diri dari penyakit hati lainnya. Anda jangan mengira akan selamat dengan niat baik dalam mempelajari ilmu, sedangkan di hati anda masih bercokol hasud, riya dan sombong.

1. HASUD
Hasud adalah cabang tamak, dan bakhil adalah kikir terhadap sesuatu yang ada padanya. Sedangkan syahih ialah orang yang kikir terhadap hamba Alloh atas nikmat yang ada pada perbendaharaan kekuasaan Alloh. Adapun hasud adalah orang yang merasa berat melihat nikmat yang Alloh berikan dari perbendaharaan kekuasan-NYA kepada seorang hamba lainnya, baik itu berupa harta, ilmu, pengaruh ataupun kekuasaan dan pangkat. Dan ia sangat menginginkan hilangnya nikmat tersebut dari orang yang telah dikaruniai oleh Alloh, sedangkan hasud tersebut tidak akan membuat ia mendapatkan nikmat sedikitpun.

Orang yang mempunyai rasa hasud, hatinya akan tersiksa dan ia tidak akan mempunyai rasa belas kasih terhadap orang lain tersebut. Ia akan senantiasa tersiksa di dunia karena melihat begitu banyak teman, rekan dan saudaranya mendapatkan pemberian nikmat oleh Alloh. Dan ia akan merasakan siksaan-siksaan tersebut sampai kematiannya, dan di akherat nanti akan membawa laknat yang teramat pedih dan besar melebihi ketersiksaannya di dunia.

Ketahuilah, bahwa hasud merupakan sifat yang merugikan dan sangat berbahaya untuk kehidupan kelak di akherat. Oleh karena itu, seharusnya ia akan lebih mencintai kaum muslimin seperti kecintaannya terhadap dirinya sendiri. Ia lebih baik bersama-sama dengan kaum muslimin dalam suka maupun duka, sehingga hubungan antara muslimin laksana sebuah bangunan dimana sebagian memperkokoh yang lain. Andaikan salah satu merasakan sakit maka yang lain juga akan merasakan sakitnya.

2. RIYA
Riya adalah syirik tersembunyi, Riya adalah salah satu dari dua syirik, sedangkan pangkal syirik adalah mencari tempat dalam hati makhluk agar dengan demikian anda mendapatkan pengaruh dan wibawa. Oleh karena itu, mencintai pengaruh adalah hawa nafsu yang diperturutkan, dalam hal ini adalah suatu tingkah laku yang sering dilakukan oleh manusia.

Ketahuilah, bahwa tindakan dan perbuatan riya ini akan membawakan celaka bagi yang melakukannya, jikalau manusia sadar akan hakekat persoalan tentunya mereka akan mengetahuinya, bahwa ilmu dan ibadat yang mereka kerjakan melebihi dari biasanya. Oleh karena itulah, dengan di dorong oleh riya kepada manusia, maka ia akan melebih-lebihkan ilmu dan ibadatnya di depan orang lain.
Riya menggugurkan amal sebagaimana disebutkan dalam Hadist, bahwa terdapat orang yang mati syahid di medan perang, dan pada hari kiamat ia dimasukkan ke neraka. Ia memprotes, : “Wahai Tuhan, aku gugur di jalan-MU”. Kemudian Alloh menjawab : “Tapi kamu ingin disebut orang gagah berani, dan kadang-kadang kamu memang disebut demikian, dan itulah pahalamu”. Begitu pula nantinya akan dikatakan kepada seorang alim, haji dan qori, sepanjang niat ibadahnya hanya untuk riya dan bukan karena iklas kepada Alloh.

3. SOMBONG
Sombong adalah penyakit yang sangat tajam, karena sombong adalah dimana seseorang melihat dirinya dengan pandangan mulia dan besar, sedangkan ia melihat orang lain dengan pandangan menghina dan merendahkan mereka. Tanda sombong pada lidah ialah ketika seseorang mengatakan “akulah…akulah”.
Oleh karena itu jika ia di dalam majlis, ia akan merasa tinggi dibanding dengan yang lainnya, dan ia akan mencari kedudukan yang lebih tinggi didalam majlis itu, serta dalam tanya jawab ia tidak akan merasa senang dengan kata-kata bantahan serta nasehat dari orang lain.

Setiap orang yang memandang dirinya lebih baik dari makhluk Alloh yang lain, dialah orang-orang yang sombong. Anda perlu tahu, bahwa orang yang baik adalah orang yang diterima disisi Alloh SWT di akherat kelak. Oleh karena itu, sebaiknya anda melihat seseorang dengan meyakini bahwa orang lain lebih baik daripada anda.
Permisalkan, anda bertemu dengan anak-anak ataupun orang lain yang lebih muda dari anda, maka katakanlah dalam hati : ” anak ini atau orang itu masih sedikit dosa kepada Alloh, sedangkan anda yang lebih tua dari mereka seakan-akan lebih banyak dosa di banding yang muda “. Jika anda melihat atau bertemu orang yang lebih tua dari anda, maka katakanlah dalam hati anda : ” Orang tua ini lebih banyak beribadah kepada Alloh jauh sebelum aku, tidak diragukan lagi jika dia lebih baik dari aku “.

Sombong tidak akan hilang dari hati anda, kecuali anda mau berusaha meninggalkan kesombongan dari penyakit hati anda. Maka takutlah akan pedihnya siksa akherat dari penyakit sombong tersebut, jika anda sadar bahwa tiada kekuatan, kekuasaan, kekayaan harta maupun ilmu kecuali Alloh SWT yang mempunyai-NYA. Ingatlah di akherat nanti, hanya amal-amal sholeh yang akan menentukan baik-buruknya amal anda, dan anda akan ditempatkan di tempat yang sesuai dengan banyak sedikitnya amal yang di kerjakan didunia, sedangkan tempat-tempat itu hanya terdiri dari dua perkara yaitu surga dan neraka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: