Penguatan & Pelemahan

PENGUATAN DAN PELEMAHAN MATA UANG

Kadang-kadang masih banyak orang yang terbalik membacanya, mana mata uang yang menguat dan mana mata uang yang melemah. Bila GBP/USD bergerak dari harga 1.8550 ke 1.8600 (naik). Maka ini berarti GBP/USD mengalami kenaikan 50 point (pips), pendek kata untuk mata uang GBP mengalami kenaikan dan untuk USD mengalami pelemahan. Karena nilai Dollar (USD) yang dibutuhkan untuk membeli 1 GBP semakin besar yaitu dari 1.8550 menjadi 1.8600 per Poundsterling-nya (GBP), berarti GBP semakin mahal terhadap USD.

ILUSTRASI :

• Bila kondisi ekonomi USA menguat daripada Eropa maka harga dari pasangan mata uang EUR/USD akan turun (maka ambil posisi SELL EUR dan BUY USD atau SELL EUR/USD)

• Bila kondisi ekonomi USA melemah daripada Jepang maka harga dari pasangan mata uang USD/JPY akan turun (maka ambil posisi SELL USD dan BUY JPY atau SELL USD/JPY)

• Bila kondisi ekonomi Inggris menguat daripada Jepang maka harga dari pasangan mata uang GBP/JPY akan naik (maka ambil posisi BUY GBP dan SELL JPY atau BUY GBP/JPY)

CATATAN PENTING :
Bila kondisi suatu Negara menguat maka ambil posisi BUY di harga mata uang tersebut, tetapi jika melemah maka ambil posisi SELL di harga mata uangnya. Oleh karena itu jangan sampai terbalik dalam membaca kondisi ekonomi suatu Negara, karena akan berakibat terbalik pula dalam mengambil keputusan, sehingga bukan keuntungan yang akan kita dapatkan akan tetapi suatu kerugian yang akan kita peroleh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: